Sabtu, 03 Januari 2009

Antisipasi Serangan Virus

Dunia IT sekarang udah makin berkembang, Milyaran komputer sekarang udah saling terhubung baik itu secara langsung maupun tidak. Perkembangan tersebut emang bikin bangga (udah kaya iklan!!), tapi ada permasalahan lain yang muncul seiring perkembangan tersebut. Penyebaran makhluk yang bernama virus inilah yang menjadi permasalahan baru dari perkembangan dunia teknologi tersebut.

Ada banyak cara untuk mengantisipasi serangan makhluk manis ini. Berikut saya tuliskan 10 langkah, tapi masih banyak lho cara-cara yang lainnya, untuk antisipasi serangan makhluk tersebut :


1. Gunakan program antivirus yang bagus.
Sekarang ada banyak banget antivirus, dan masing-masing punya kelebihan ataupun kekurangannya. Untuk itu sebelum kita ngistall antivirus tersebut, ada baiknya mencari tahu dulu antivirus mana yang menurut kita paling baik. Kita bisa cari informasinya di internet, majalah ataupun menurut pengalaman orang-orang yang pernah menggunakan antivirus tersebut.

2. Ingatlah untuk selalu menggunakan antivirus tersebut setiap kali menggunakan komputer.
Percuma kan kalo kita udah nginstall antivirus tapi komputer/laptop kita ga diptotect secara terus menerus??. Hentikan kebiasaan menjalankan antivirus bila diperlukan saja, kalo perlu jadiin antivirus tersebut sebagai salah satu start up di komputer/laptop kita.

3. Selalu update antivirus anda.
Setiap hari selalu ada antivirus baru yang diciptakan untuk merusak sistem komputer. Dan database dari setiap antivirus juga selalu terupdate untuk mengantisipasi virus-virus baru tersebut. Jadi rutinlah untuk mengupdate database dari antivirus yang anda gunakan.

4. Pastikan sistem operasi kita selalu dalam keadaan ter-update.
Virus selalu mengincar lubang keamanan yang ada di sistem operasi kita, oleh karena itu sistem operasi selalu mengupdate versinya. Selain itu, dengan meng-update sistem operasi maka keadaan komputer kita akan selalu stabil. Update pula program-program yang terpasang di komputer anda. Karena itu juga bisa menjadi celah bagi masuknya virus.

5. Lakukan backup data secara rutin.
Hal ini untuk mencegah anda kehilangan data-data penting pada komputer/laptop anda.

6. Selalu lakukan scanning virus pada media penyimpanan yang masuk ke komputer anda.
Selalulah beranggapan bahwa komputer yang digunakan oleh banyak orang terinfeksi virus agar anda selalu waspada. Selain itu non-aktifkan juga fungsi autorun untuk media penyimpanan pada komputer/laptop anda. Hal ini memudahkan anda untuk melakukan scanning manual terlebih dahulu sebelum media penyimpanan tersebut masuk ke komputer/laptop anda.

7. Waspadalah terhadap file attachment yang ada pada email.
Sampai saat ini email merupakan media yang paling digemari untuk pengiriman virus. Selalu lakukan scanning dengan program antivirus sebelum anda membuka file attachment.

8. Gunakan email berbasis teks dalam ber-email.
Menggunakan email dengan format html memang paling disukai olah banyak orang, karena dengan format ini kita bisa membuat tampilannya jadi lebih menarik. Namun sayangnya, format ini juga disukai oleh virus untuk menyebarkan dirinya. Virus dapat menempel pada kode html yang ada pada body, sehingga anda akan terinfeksi hanya dengan membuka email tersebut. Sementara itu, pada email berbasis teks virus hanya dapat menempel pada lampiran saja.

9. Berhati-hatilah dalam menginstall program gratisan yang ada pada dunia maya.
Jika anda ingin men-download software-software gratisan, maka download lah dari situs yang terpercaya berdasarkan review banyak orang. Dan lakukanlah scanning installer program tersebut sebelum diinstall pada komputer/laptop anda.

10. Hati-hati terhadap link yang disebar melalui messenger.
Jangan pernah menerima undangan untuk berkunjung ke suatu situs dari orang yang tidak begitu anda kenal. Bisa jadi orang tersebut akan mengarahkan anda ke suatu situs yang banyak mengandung virus. Hati hati pula dalam melakukan surfing ke alamat alamat web yang tidak jelas isinya. Karena bisa jadi virus tersebut telah disisipkan pada kode html-nya

10 komentar:

Zackie mengatakan...

Nice articles,, -Btw the 1st ne yang ngasih komen!hehe...-

putri mengatakan...

nice blog..yupsi.. bagus2

Armand mengatakan...

Wow!
Nice report "KAPOLDA"!!!
Siap pak! 86 pak 86!!!!
Intruksi di laksanakan!!!
wakakakakakkkk...... =))

Hilaladdiyar mengatakan...

Nice post bro...

just keep going!

Dadan mengatakan...

Alhamdulillah sejauh ini belum pernah diserang virus ... keep bloging

maull mengatakan...

yo.... trims infox...

btw, sejak kpn ni jdi kapolda?...
hehehe...

inang mengatakan...

Cie..cie..cie.. dah selesai ne yah ngedit artikel anti serangan virusnya kan udah di posting he..he..

tenk2 mengatakan...

skarang kalo comment udah d follow nih....

Nezim mengatakan...

kren bgt artikelnya...

Dudy Adityawan mengatakan...

Iya memang virus sangat menyeramkan tersebar dimana-mana apalagi kalau kita online. huh makin kudu protektif untuk komputer kita terhadap serangan virus. makasih mas sudah mau berbagi tips dan triknya. sukses selalu.. :)

Posting Komentar